Post Page Advertisement [Top]

sistem komputer

Tabel Gerbang Logika Dasar dan Fungsi Masing Masing Rangkaian


Pengertian
Gerbang-gerbang dasar logika merupakan elemen rangkaian digital dan rangkaian digital merupakan kesatuan dari gerbang-gerbang logika dasar yang membentuk fungsi pemrosesan sinyal digital.

Gerbang dasar logika terdiri dari 3 gerbang utama, yaitu AND, OR, dan NOT.

Gerbang lainya seperti NAND, NOR, EX-OR, dan EX-NOR merupakan kombinasi dari 3 gerbang logika utama itu.


Gerbang AND
Prinsip kerja dari gerbang AND adalah kondisi keluaran (output) akan berlogic 1 bila semua saluran masukan (input) berlogic 1. Selain itu output akan berlogic 0.




Gerbang OR
Prinsip kerja gerbang OR adalah dimana kondisi keluarannya akan berlogic 1 bila salah satu atau semua saluran masukannya berlogic 1. Selain itu output berlogic 0.




Gerbang NOT
Prinsip kerja dari gerbang NOT yaitu bila pada saluran masukannya berlogic 1 maka pada saluran keluarannya akan berlogic 0 dan sebaliknya.






Gerbang NAND
Gerbang NAND merupakan kombinasi dari gerbang AND dengan gerbang NOT dimana keluaran gerbang AND dihubungkan ke saluran masukan dari gerbang NOT. Karena keluaran dari gerbang AND di”NOT”kan maka prinsip kerja dari gerbang NAND merupakan kebalikan dari gerbang AND.





Gerbang NOR
Gerbang NOR merupakan kombinasi dari gerbang OR dengan gerbang NOT dimana keluaran gerbang OR dihubungkan ke saluran masukan dari gerbang NOT. Karena keluaran dari gerbang OR di”NOT”kan maka prinsip kerja dari gerbang NOR merupakan kebalikan dari gerbang OR.



Gerbang EX-NOR
EX-NOR gate adalah kebalikan dari EX-OR gate dimana jika input berlogic sama maka output akan berlogic 1 dan sebaliknya jika input berlogic beda maka output akan berlogic 0.



Gerbang EX-OR
EX-OR singkatan dari Exclusive OR dimana jika input berlogic sama maka output akan berlogic 0 dan sebaliknya jika input berlogic beda maka output akan berlogic 1.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]