Post Page Advertisement [Top]

Pengertian Jaringan Komputer dan Tujuan


Jaringan Komputer :

  • Sekelompok komputer yang membentuk suatu jaringan / mata rantai yang mana diantara komputer-komputer tersebut dapat saling berkomunikasi satu dengan yang lain untuk bertukar data/informasi dan dikendalikan oleh suatu pusat komputer. 
  • Model komputer tunggal yang melayani seluruh tugas-tugas komputasi suatu organisasi telah diganti oleh sekumpulan komputer berjumlah banyak yang terpisah-pisah akan tetapi saling berhubungan dalam melaksanakan tugasnya.
Alasan Jaringan Dibentuk :
  1. Sharing  sumber  daya  secara bersamaan, pemakaian line printer, disks, database.
  2. Menambah  manfaat  dan  memaksimalkan komputer. Dapat saling berkomunikasi, tukar menukar data.
  3. Berbagai jenis komputer dapat berkomunikasi. Pemakai tidak tergantung pada satu vendor.
  4.  Pengembangan  komputer  lebih  mudah & fleksibel. Tidak perlu disentralisasi di satu tempat. 
  5. Distributed  Processing.  Suatu proses tidak bergantung pada satu sistem. 
  6. Integrasi sistem aplikasi. Data dari satu bagian dapat digunakan bagian lain. 
Ada beberapa alasan/tujuan kenapa Jaringan Dibuat, yaitu :

1.  Resource sharring / berbagi paka
  • bertujuan agar seluruh program, peralatan, khususnya data bisa digunakan oleh setiap orang yang ada pada jaringan tanpa terpengaruh oleh lokasi resource dan pemakai dan merupakan suatu usaha untuk menghilangkan kendala jarak.
2.  High reliability / keandalan tinggi
  • didapatkan dengan memiliki sumber-sumber alternatif yang tersedia, misalkan 1 buag data disalin pada 3 buah mesin, sehingga jika salah satu mesin rusak, mesin lain bisa mem-backupnya. 
3.  Saving money / menghemat uang
  • dengan membangun sistem yang terdiri dari komputer-komputer pribadi, daripada membeli sebuah mainframe yang harganya sangat mahal. Dimana setiap pengguna mendapatkan sebuah komputer dengan data yang disimpan pada sebuah atau lebih mesin file server yang dapat dipakai bersama-sama. Pengguna dinamakan sebagai client dan susunan keseluruhannya disebut modelclient-server. 
4.   Skalabilitas
  • yaitu kemampuan untuk meningkatkan kinerja sistem secara berangsur-angsur sesuai dengan beban pekerjaan dengan hanya menambahkan sejumlah prosesor.
Umumnya komunikasi pada client-server berbentuk pesan permintaan untuk melaksanakan berbagai pekerjaan dari client kepada server. Setelah server melaksanakan tugasnya, kemudian hasilnya akan dikirim kembali pada client. 

1 komentar:

  1. Slots & Games - Mapyro
    Visit and 속초 출장안마 play free online slots. Here at Mapyro, we have games like 제주도 출장마사지 Blackjack, 영천 출장안마 Craps, 아산 출장샵 Roulette and more. The game is designed to win money, get 경산 출장샵 lucky,

    BalasHapus

Bottom Ad [Post Page]