Post Page Advertisement [Top]

BloggerSEO

Fakta! Google Menyukai Blog Dengan Resep Ini



Blogger merupakan salah satu platform blog pribadi yang biasa digunakan masyarakat untuk menulis, berbisnis, dan sebagainya. Blogger dikenal masyarakat karena dapat digunakan dengan mudah tanpa mengeluarkan biaya atau gratis. Selain gratis, Blogger juga memiliki fitur dan kelebihan berbagai macam ragam.

Namun, sebuah blog khususnya blogger terasa kurang apabila tidak memiliki trek yang kurang baik. Trek yang kurang baik maksud saya adalah kurang memperhatikan Search Engine Optimization, atau biasa dikenal dengan SEO. Lalu, bagaimana langkah yang dilakukan agar sebuah blog memiliki trek yang benar? Apa saja resep untuk blog saya agar disukai Google? Berikut blog Fajrin.web.Id akan mengulasnya dengan singkat dan detil.

1. Blog Berdomain

Blog khususnya Blogger akan lebih baik apabila menggunakan domain. Mengapa demikian? Karena, dengan blog yang berdomain, jumlah pengunjung blog Anda pasti akan meningkat. Tentu hal ini akan mempengaruhi kekuatan blog Anda di mesin pencarian Google. Namun, resep pertama ini hanya bersifat opsi atau wajib, karena kualitas blog yang utama terletak pada konten dan domain hanya bersifat cover. Domain hanya bagian dari SEO.

Lalu, resep submenu dari blog berdomain maupun tidak ini, yaitu menggunakan judul dan meta descriptions dengan benar.

Judul blog merupakan kepala identitas yang paling utama. Mengapa? Karena, judul blog akan menyangkut konten blog Anda. Berikut saya berikan contoh.

Contoh Benar Contoh Salah
Dunia Blogger Dunia Blogger | SEO, Widget, dan Template
Tutorial Komputer Tutorial Komputer - Software, Hardware, dan Jasa Service Komputer
Blog Ganteng Blog Ganteng ~ Tutorial Blogger, Komputer, dan Internet

Di atas sudah saya berikan contoh benar dan salah. Mengapa judul blog yang memiliki karakter yang panjang dapat salah? Untuk mengklarifikasi, maksud kata salah ialah kurang benar. Lebih jelasnya, saya berikan kutipan langsung dari SEOquake.

The most effective page titles are about 10-70 characters long, including spaces. Keep your titles concise and make sure they contain your best keywords. Each page should have its own exclusive title. Featured tool: Here's a snippet-optimizer that allows you to see how your titles look on Google™ and other search results.

Kemudian, deskripsi blog atau meta descriptions merupakan identitas turunan dari judul blog. Deskripsi difungsikan sebagai penekanan judul blog Anda. Namun, dalam memberikan deskripsi, Anda juga perlu berhati-hati. Maksud berhati-hati ini yaitu memenuhi kriteria sebagai penunjang blog ke mesin pencarian. Berikut kriteria yang saya kutip langsung dari SEOquake.

Meta descriptions are useful because they often dictate how your pages are shown in search results. For optimum effectiveness, meta descriptions should be 70-160 characters long.

Your meta descriptions should be concise and contain your best keywords. Make sure each page of your website has its own meta description.

2. Konten Menarik

Konten menarik yang saya maksud ialah konten yang mampu dipahami pembaca dengan gaya tulisan Anda sendiri. Konten menarik ini juga mampu mempengaruhi jumlah pengunjung. Selain itu, resep kedua yang saya bahas ini tidak harus konten terbaru. Poin yang utama adalah keaslian tulisan Anda sendiri, gaya tulisan khas Anda sendiri dengan prinsip mampu dipahami pembaca.

3. Blog Terverifikasi AMP

Accelerated Mobile Pages atau yang disingkat AMP merupakan proyek yang dirancang khusus untuk blog atau web agar memiliki kecepatan yang maksimal. Dilihat dari pengertiannya saja, bahwa Accelerated Mobile Pages merupakan halaman mobile yang dipercepat (google translate). Lalu, mengapa resep ketiga ini dapat disukai google? Karena, dengan blog terverifikasi AMP akan memudahkan pengunjung dalam mengakses sebuah blog atau web, atau dengan kata lain blog yang mudah diakses ialah blog yang disukai pengungjung dan cepat diserap oleh google.

Lalu, bagaimana dengan blog yang belum terverifikasi AMP? Apakah kurang disukai google? Jawaban saya tidak. Namun, akan lebih baik jika blog atau web Anda terverifikasi AMP. Salah satu keuntungan dari blog terverifikasi AMP yaitu menghemat kuota pengunjung, karena tampilan yang sangat ringan. Walaupun AMP tidak mempengaruhi SEO, akan tetapi tetap mempengaruhi mesin pencari.

Namun, dari segala resep yang sudah saya bagikan disini, konten tetaplah nomor 1. Konten adalah raja. Buatlah konten yang berkualitas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]